Powered by Blogger.

Wednesday 26 June 2013

Sumber protein Nabati adalah makanan – makanan atau lebih tepatnya tumbuh – tumbuhan yang mengandung protein yang baik untuk tubuh. Protein sendiri mengandung Karbon, Hidrogen, Oksigen, Nitrogen dan Sulfur yang kesemuanya dibutuhkan oleh tubuh kita. Protein nabati disebut – sebut juga sebagai protein yang dapat menggantikan fungsi daging. Jenis – jenis tumbuhan yang mengandung protein antara lain:

1. Kedelai
Kacang kedelai adalah salah satu makanan yang mengandung protein yang digemari masyarakat. Hal ini disebabkan selain kandungan protein yang tinggi susu kacang kedelai juga cocok bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Kacang kedelai juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.
2. Kacang – kacangan
Kacang juga termasuk makanan dengan protein tinggi dan Anda juga tidak perlu khawatir dengan lemak yang terkandung di dalam kacang. Lemak di dalam kacang adalah lemak baik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung Anda tapi Anda tetap harus memperhatikan porsi yang Anda makan.

3. Polong – polongan
Kacang polong mengandung protein, serat, vitamin dan mineral untuk tubuh. Dan walaupun jarang dijadikan menu makanan di Indonesia, kacang polong termasuk salah satu makanan yang dikenal mengandung protein tinggi

4. Biji – bijian
Salah satu jenis dari biji – bijian adalah gandum yang walaupun dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi tetapi sebenarnya kandungan proteinnya pun cukup banyak.

0 comments:

Post a Comment